khasiat madu hitam

Jika dibandingkan dengan madu biasa, komponen madu hutan bisa jadi lebih kompleks. Maka, kandungan gizi yang ada pada madu jenis ini akan lebih kaya dan bergizi jika dibanding dengan madu ternak.

Tahukah kamu, salah satu manfaat unggul dari madu ini adalah antioksidan yang lebih tinggi. Begitu juga kandungan dari bee pollen dan propolis dari madu ini. Kita juga sering mendengar bahwa madu hutan disebut pula madu organik. Ini dikarenakan lingkungan hidupnya masih alami dan bebas dari kandungan pestisida.

Jika kita mengenal bahwa madu biasa berwarna coklat keemasan, maka jika kita melihat madu yang didapat dari hutan akan lebih beragam. Ada yang berwarna coklat kehitaman yang gelap. Ini dikarenakan adanya kandungan mineral, enzim, dan zat lain yang memiliki jumlah lebih banyak dibandingkan madu biasa.

Meskipun begitu, kadar kepekatan dari setiap madu akan berbeda-beda. Misalkan Madu brotowali memiliki warna yang lebih gelap dan berasa lebih pahit. Sedangkan madu sumbawa putih memiliki warna yang lebih terang cenderung pucat.

Apa manfaatnya bagi tubuh kita?

Jika ditilik dari manfaatnya, sebenarnya madu yang didapat dari hutan akan memiliki manfaat yang mirip dengan madu biasa. Namun karena memiliki kandungan gizi yang lebih pekat, maka membuat khasiatnya lebih tinggi untuk tubuh. Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari madu ini adalah:

Meningkatkan stamina

Manfaat ini kita dapatkan karena memang sifat dari madu yang berperan sebagai antibakteri dan juga sekaligus antimikroba. Kamu juga bisa mencegah adanya bakteri Gram positif.

madu pahit wild bee

Dapat meningkatkan nafsu makan

Manfaat selanjutnya ini, dikarenakan adanya fruktosa dan glukosa yang tinggi pada madu jenis hutan ini. Secara langsung akan menjadi stimulan bagi pencernaan kita.

Dapat menyehatkan kulit

Madu ini bisa kita gunakan untuk mengobati luka luar seperti luka bakar dan kulit pecah-pecah. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker di wajah ataupun bibir.

Mengatasi rematik dan darah rendah

Madu ini juga diyakini dapat mengobati rematik, mengatasi anemia dan darah rendah. Madu hutan juga bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Baik remaja maupun orang lanjut usia.

Tinggalkan Balasan